KPID Bentuk Komunitas Pemerhati Media Kaltim

Samarinda – KPID Kaltim melaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh Organisasi Kepemudaan (Okp), Organisai Masyarakat (Ormas) dan mahasiwa yang berlangsung di ruang Tengguyun lantai 4 kantor Gubernur Kaltim. Mengusung tema “Peran Masyarakat Terhadap Pengawasan Isi Siaran di Kaltim”,dihadiri puluhan perwakilan dari setiap lembaga. KPID Kaltim optimis membentuk komunitas pemerhati media Kaltim yang diberi nama Forum komunikasi dan pemerhati media Kaltim.
Rapat koordinasi dibuka dengan sesi awal brand storming atau diskusi terbuka antara komisioner KPID dengan peserta yang hadir. Peserta menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut, selain itu juga mereka menyampaikan kritik dan pertanyaan yang menyangkut konteks media sosial saat ini. Seperti yang dituturkan oleh Armin Beni Pasapan selaku perwakilan dari GMKI Samarinda, “Melihat sosial media saat ini, terutama facebook. Khususnya Grup Busam (Bubuhan Samarinda) terdapat muatan yang tidak pantas dan tidak beretika. Apakah KPID punya porsi menindak lanjuti hal tersebut?” terangnya.
Menyikapi pertanyaan-pertanyaan semacam ini komisoner KPID kemudian menyampaikan tugas, fungsi, dan kewenangan KPI sesuai yang tercantum dalam P3SPS, “Konteks media sosial itu ranahnya UU ITE, sedangkan KPID ranahnya di UU penyiaran ,UU Penyiaran no.32 tahun 2002.” ujar Suarno selaku komisoner KPID Kaltim.
Forum komunikasi dan pemerhati media Kaltim akan bekerjasama dengan KPID Kaltim dalam setiap pelaksanaan program literasi media, agar lebih efektif dengan jangkauan yang lebih luas. Diharapkan kedepan komunitas ini dapat melaksanakan program-program seperti sosialisasi, diskusi intensif dan workshop mengenai literasi media. KPID akan mendukung secara penuh baik dalam pendanaan dan akses narasumber maupun pemateri. “KPID telah mengajukan anggaran khususnya dalam kegiatan literasi media, tinggal implementasinya bersama forum komunikasi dan pemerhati media,” kata Abdi selaku ketua panitia Literasi Media.
Untuk mendukung forum tersebut Komisioner KPID Kaltim menunjuk ketua dan sekretaris forum komunikasi dan pemerhati media Kaltim. M.Uzni dari PW PM Kaltim ditetapkan sebagai ketua dan Eriyando Saputra dari Prima DMI Kaltim sebagai sekretaris. Uzni dan Eriyando bekerjasama untuk pembentukan struktur dan anggota komunitas ini. Forum ini kemudian akan dilantik oleh Gubernur Kaltim pada tanggal 31 Oktober 2018 mendatang. Gerakan ini merupakan permulaan untuk melawan efek negatif dari media penyiaran yang tidak beretika di kaltim sekaligus mengoptimalkan peran masyarakat dalam pengawasan isi siaran di Kaltim.@nir

Komisioner KPID Kaltim berfoto bersama peserta pembentukan komunitas pemerhati media perwakilan dari OKP, Ormas, & Mahasiswa.