KPID Provinsi Kalimantan Timur gelar Workshop Pegawai dan Bimbingan Teknis P3SPS 2021

BERAU – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pegawai Tenaga Alih Daya (TAD) di lingkungan kerja KPID Provinsi Kaltim, sebanyak 23 TAD ikuti Workshop Pegawai dan Bimbingan Teknis Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) tahun 2021, di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau tanggal 20-22 Desember 2021.

Undang – Undang Penyiaran memberikan wewenang kepada KPI antara lain menetapkan Standar Program Siaran (SPS) dan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) (Pasal 8 Ayat 2). SPS merupakan panduan tentang batasan-batasan apa yang diperbolehkan dan atau tidak diperbolehkan untuk ditayangkan di dalam siaran, sementara P3 merupakan panduang tentang batasan-batasan mengenai apa yang diperbolehkan dan atau tidak diperbolehkan berlangsung dalam pembuatan program siaran. KPI menetapkan P3SPS yang menjadi acuan bagi seluruh Lembaga Penyiaran dalam melaksanakan kegiatan Penyiaran (LP). Dengan demikian diharapkan kegiatan penyiaran oleh seluruh LP dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi terhadap kemajuan Indonesia, serta memberikan manfaat yang positif bagi seluruh masyarakat.

TAD di lingkungan kerja KPID Provinsi Kaltim, baik TAD pemantau maupun non pemantau memiliki peran dalam menjalankan fungsi-fungsi KPID terutama salah satunya dalam hal pengawasan isi siaran. Kapasitas dan keahlian yang dimiliki oleh TAD KPID Provinsi Kaltim harus selalu diasah dan dipertajam untuk meningkatkan Wawasan, dan kompetensi pegawai pada seluruh proses pemantauan siaran.

Jajaran Komisioner KPID Provinsi Kaltim hadir membersamai yakni Irwansyah, S.Pd, Yovanda Noni, SE., ME , Andi Muhammad Abdi, M.I.Kom dan Akbar Ciptanto S.Hut., MP.Sc sekaligus membuka acara secara resmi. Hadir sebagai narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, yakni Sri Rezeki Marieta selaku Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Kominfo Kaltim dan Irene Yuriantini selaku Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim, sebagai Narasumber dalam Pelatihan Pegawai KPID Provinsi Kaltim tersebut.

“Kompetensi SDM TAD di lingkungan KPID Provinsi Kaltim merupakan salah satu aset terpenting untuk dapat digunakan dalam hal mengoperasikan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Kegiatan pelatihan dan mengasah ulang skill ini kami (KPID Kaltim, red) selenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan keahlian dan profesionalitas para pegawai dalam menjalankan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab dalam bekerja. Dikemas dengan suasana santai namun tetap serius, harapannya seluruh TAD yang mengikuti Workshop ini memperoleh ilmu, dapat berdiskusi langsung dengan para narasumber dan Komisioner dalam hal pengawasan isi siaran” papar Irwansyah, Komisioner sekaligus Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran (PIS) KPID Kaltim.

Sedikitnya ada 4 fokus dalam kegiatan workshop ini yakni ketrampilan dan keahlian pegawai, wawasan dan pengetahuan, kepribadian dan motif bekerja, serta moral dan etos kerja.

 

(sw-hms/kpid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =