KPID Kaltim Awards 2021 – Wujud Apresiasi dan Motivasi Penyiaran IKN

SAMARINDA – Penyiaran yang sehat merupakan hak bagi seluruh masyarakat. Pemenuhan kebutuhan informasi yang akurat, berimbang, edukatif serta menghibur dibutuhkan. Media dalam hal ini yakni Lembaga Penyiaran Radio dan Lembaga Penyiaran Televisi, berlomba-lomba untuk dapat menyuguhkan siaran bagi pemirsa Kalimantan Timur. Sebagai bentuk apresiasi kepada insan penyiaran, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kaltim menggelar acara Penghargaan bagi Media Penyiaran Radio dan Televisi di Kalimantan Timur.
Malam puncak Anugerah Penyiaran yakni “KPID Kaltim Awards 2021” tersebut telah usai digelar. Kegiatan pemberian penghargaan dilaksanakan di Grand Balroom Lantai 17 Hotel Aston Samarinda, pada hari Sabtu 18 Desember 2021 secara luring terbatas dengan memberlakukan protokol kesehatan pencegahan Penyebaran Virus COVID-19.
Antusiasme dan animo tinggi ditunjukkan oleh peserta yang telah berpartisipasi dalam ajang penghargaan KPID Kaltim ini. Puluhan LP Radio dan Televisi berpartisipasi dan hadir pada acara yang mengangkat tema tentang “Penyiaran Sehat sebagai Pendorong Kesiapan Ibukota Negara” tersebut.
Jajaran Komisioner KPID Kaltim hadir pada kegiatan ini yaitu Akbar Ciptanto, S.Hut., MP.Sc, Bawon Kuatno. S.Kom, Irwansyah S.Pd, Andi Muhammad Abdi, M.I.Kom, Hendro Prasetyo, S.Sos dan Yovanda Noni, SE., ME
Hadir membersamai kegiatan Dinas Kominfo Kaltim dan Samarinda, Wakil Bupati Kabupaten Paser, sejumlah tokoh penyiaran, serta Komisi 1 DPRD Kaltim yakni H. J. jahidin S, SH., MH sekaligus membuka acara.
Peengumuman sekaligus penyerahan hadiah kepada setiap Kategori pada Media Penyiaran TV dan Radio, serta kompetisi Content Creator diberikan oleh Komisioner KPID Kaltim dan pejabat terkait.
Acara dikemas dalam bentuk semi formal dan dimeriahkan oleh pertunjukan sape serta persembahan Tarian Tradisional Lokal. Dari hasil penilaian dewan juri, diperoleh nama-nama pemenang masing-masing kategori sebagai berikut :
Daftar Pemenang Kategori Penyiaran Radio:
Program Acara Berita : Radio IDC FM Balikpapan
Program Acara Talkshow : Radio Suara Mahakam
Program Iklan Layanan Masyarakat : Radio Borneo FM
Program Acara Anak dan Remaja : Radio Smart FM Balikpapan
Program Acara Musik dan Informasi : Radio Komunitas Swara Kalpataru

Kategori Lembaga Penyiaran Televisi:
Program Acara Berita Kaltim : iNews Tenggarong
Program Acara Talkshow : Samarinda Tv
Program Iklan Layanan Masyarakat : TVRI Kaltim
Program Acara Anak dan Remaja : Trans 7 Samarinda
Program Acara Feature dan Dokumenter : TVRI Kaltim

Kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran
Gubernur Kaltim : Dr Ir H Isran Noor , M.Si
Kepala Diskominfo Kaltim :
H Muhammad Faisal, S.Sos M.Si
Walikota Samarinda :
Dr H Andi Harun ST SH MSi
Bupati Kab Paser : dr Fahmi Fadli.

Untuk kategori Wakil Rakyat/ Legislatif Peduli Penyiaran :
H.J. Jahidin S, SH., MH

Tokoh Peduli Penyiaran
Dr. Moh Jauhar Efendi, M.Si
Dr. H Muhammad Noor, M.Si
Dr. Ida Suryani Wijaya, M.Si
Hibbu Mida Balfas Syam

Pemenang Lomba Content Creator Workshop Literasi Media :
Kategori Konten Audio Visual :
Fadliansyah dengan Judul Karya Lawar Puya
Indra Maulana Judul Karya Hudo
Moh. Rafinda Tri Saputra Judul Karya Ulap Doyo

Kategori Konten Audio IIklan Layanan Masyarakat :
Aldente dengan judul Karya Panik Bikin Berisik

Persembahan di ujung tahun. Ketua KPID Kaltim, Akbar Ciptanto, S.Hut,. MP Sc memberikan sambutan dan pernyataan singkat terkait pelaksanaan anugerah media penyiaran oleh KPID ini, baginya KPID Kaltim Awards menjadi wadah LP berkumpul bersilaturahmi, dan harapannya mampu untuk memantik hingga mendorong para pelaku industri penyiaran untuk terus inovatif, kreatif, edukatif terutama karena Kalimantan Timur merupakan wajah Ibu Kota Negara yang baru.


“Intinya adalah malam ini merupakan malam kebahagiaan bagi kawan-kawan lembaga penyiaran. Disamping adanya pengawasan KPID dan masyarakat terhadap LP, kami juga berikan Apresiasi yaitu dengan penganugerahan ini. Semoga sukses dan spirit perjuangan kawan-kawan terus terjaga demi majunya Kalimantaj Timur” ujar Akbar.
Ketua Panitia Pelaksana KPID Awards dalam sambutannya pun menambahkan bahwa dalam rangka kesiapan penyiaran di Kalimantan Timur, seluruh LP diimbau perlu mempersiapkan hingga melaksanakan langkah-langkah strategis sebagai media informasi dengan tetap mematuhi P3SPS dalam memproduksi konten siaran.
“Kita inginkan setiap lembaga penyiaran yang beroperasi di wilayah Kalimantan Timur menjadikan P3SPS menjadi sumber inspirasi kreatif. Jadi jangan sampai melenceng daripada P3SPS, dan harapannya dapat dijadikan motivasi bagi LP untuk terus berkarya” tambah Bawon.

Penyiaran berkontribusi dalam mengukuhkan integrasi nasional dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia . Oleh karenanya sektor penyiaran sangatlah penting bagi daerah.

(sw/hms-kpid)

 

( Komisioner KPID Kaltim saat memberikan sambutan dan menyerahkan piala serta piagam penghargaan KPID Kaltim Awards 2021 kepada para pemenang )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

47 − = 45