Sosialisasi KPID Kaltim Award tahun 2021, Apresiasi untuk Dedikasi Lembaga Penyiaran di Bumi Etam.

SAMARINDA – Menuju pelaksanaan kegiatan penghargaan kepada para Lembaga Penyiaran yakni “KPID Kaltim Awards 2021” yang rencananya akan digelar pada akhir tahun, KPID Kaltim melaksanakan Sosialisasi KPID Awards tahun 2021 pada hari Jum’at (19/11) bertempat di Ruang Rapat Tepian 2, Kantor Gubernur Samarinda. Kurang lebih 50 peserta hadir pada kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid atau menggabungkan mode daring (online) dan luring (offline) ini.

Sebagaimana telah diamanatkan di UU nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran bahwa KPI memiliki kewajiban mendorong penyelenggaraan penyiaran yang memberi dampak luas terhadap pembangunan karakter bangsa, adanya penghormatan dan perlindungan budaya/kearifan lokal serta tumbuhnya persaingan usaha penyiaran yang sehat. Disamping perlu mendapat pengawasan dari masyarakat lembaga penyiaran juga perlu mendapatkan apresiasi berupa penghargaan atas produksi dan karya-karyanya yang bukan sekedar menghibur akan tetapi juga mencerdaskan, sehat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Selain menjadi pengawas, KPI dan KPI Daerah juga ingin memberikan penghargaan untuk rekan-rekan penyiaran yang telah berkontribusi untuk penyajian siaran yang informatif, menghibur, dan mencerdaskan masyarakat. Dengan adanya ajang penghargaan ini harapannya dapat memotivasi para Lembaga Penyiaran untuk terus berkarya” ujar Ketua KPID Kaltim, Akbar Ciptanto, S.Hut, MP, Sc saat membuka acara.

Terdapat 13 kategori penghargaan yang terdiri dari :

  1. 5 Penghargaan untuk Radio ( Program Acara Berita, Program Acara Anak dan Remaja, Program Acara Talkshow, Iklan Layanan Masyarakat, Program Acara Musik dan Informasi (LPK) )
  2. 5 Penghargaan untuk TV ( Program Acara Berita, Program Acara Anak dan Remaja, Program Acara Talkshow, Program Acara Feature dan Dokumenter, Iklan Layanan Masyarakat ).
  3. Penghargaan Khusus (Tokoh Peduli Penyiaran, Pemda Peduli Penyiaran, dan Wakil Rakyat Peduli Penyiaran)

Apresiasi untuk para insan penyiaran tersebut akan diberikan pada malam puncak acara KPID Kaltim Award 2021, 18 Desember 2021, bertempat di Ballroom Hotel Aston Samarinda.

Wakil Ketua KPID Kaltim, Bawon Kuatno, S.Kom yang juga sekaligus menjadi Ketua Panitia Pelaksana kegiatan KPID Kaltim Award 2021 menjelaskan teknis persyaratan dan pelaksanaan kegiatan kepada para rekan LP. Mengangkat tema yakni “Penyiaran Sehat sebagai Pendorong Kesiapan Ibu Kota Negara”, anugerah penyiaran KPID Kaltim ini diharapkan pula mampu menjadi pemantik untuk spirit rekan-rekan penyiaran untuk berperan aktif mewartakan informasi maupun konten siaran dalam  kesiapan menyambut Kaltim sebagai Ibu Kota Negara.

“Kita tahu bersama bahwa Kaltim terpilih untuk menjadi Ibu Kota Negara yang baru. Penyiaran menjadi salah satu aspek yang penting untuk turut mensukseskan agenda tersebut. Bentuk penyiaran yang baik, dan berkontribusi positif diperlukan untuk menciptakan situasi yang kondusif juga memberikan kenyamanan, serta mampu untuk mendorong peluang investasi di daerah. yang akhirnya penyiaran dapat memberikan pengaruh pada sektor-sektor lain sepertinya halnya social, ekonomi, dan sebagainya.” jelas Bawon.

 

Antusiasme para LP dalam menyambut pelaksanaan kegiatan akhir tahun KPID Kaltim dicurahkan pada sesi diskusi dengan Komisioner. Tak hanya perihal KPID Kaltim Award saja namun momentum ini juga dimanfaatkan untuk saling bersilaturahmi antar LP dan bertukar pikiran untuk kemajuan sektor penyiaran di Kalimantan Timur.

sw/hms-kpidkaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 2 = 4