Evaluasi Pra Perpanjangan IPP Radio Swara Akademia Sangata, Media sekaligus Sarana Informasi dan Pengembangan Keahlian bagi para Siswa.

SAMARINDA – Senin (18/01) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan Evaluasi Pra Perpanjangan Izin Penyelenggaraan  Penyiaran (IPP) bersana pemohon Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK) Radio Swara Akademia. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara semi virtual dengan menggunakan aplikasi meeting conference yakni Zoom dan digelar di ruang rapat Tepian 2, Lantai 2, Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Hadir dan memberikan masukan serta saran kepada media massa radio tersebut, jajaran Komisioner KPID Kaltim yaitu Akbar Ciptanto,  Bawon Kuatno, Andi Muhammad Abdi, Hendro Prasetyo, dan Yovanda Noni. Aspek-aspek yang meliputi program siaran, teknis, hingga kemitraan menjadi poin sorotan guna perbaikan LP yang IPP sebelumnya akan berakhir pada Februari 2022 mendatang ini.

Telah berdiri sejak tahun 2007, radio komunitas ini telah berkembang dan membantu mengoptimumkan pendidikan terutama di lingkungan sekolah Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB). Adapun materi-materi terkait aspek program siaran dan kegiatan radio dipaparkan dan dipresentasikan oleh Adhie Kusuma Wardhana, selaku Penanggungjawab Program Siaran Radio Swara Akademia. Direksi radio lainnya yang turut membersamai kegiatan evaluasi ini diantaranya Ketua Pengurus Radio Swara Akademia, Endah Wulandari, Ketua Dewan Penyiaran Komunitas (DPK) Radio Swara Akademia, Wariadi, dan Pimpinan Penyelenggara Siaran Badan Penyelenggara Penyiaran Komunitas (BPPK), Misnawati.

Apresiasi diberikan kepada radio komunitas asal Sangata, Kutai Timur ini karena telah dinilai berkontribusi sebagai media, jembatan informasi, serta sarana pencerdasan, dan peningkatan pengetahuan serta pemberdayaan siswa sekolah, melalui program siaran yang dikemas hingga aktivitas penyiaran yang tak hanya melibatkan pihak radio secara internal saja namun juga dengan siswa, guru, dan orang tua.

Kedepannya komisioner KPID Kaltim berharap LPK Radio Swara Akademia dapat memanfaatkan kemajuan teknologi infomasi yang terus maju untuk memaksimalkan lagi aktivitas penyiaran yang dilakukan. Tak hanya pemanfaatan teknologi, adanya kolaborasi dan juga inovasi-inovasi konten siaran hingga pelatihan-pelatihan yang bertujuan mengasah skill atau keahlian para siswa dan siswi juga menjadi saran masukan dari KPID Kaltim.

“Radio komunitas dalam lingkup pendidikan ini harus sesuai dengan minat dan kebutuhan anggota peminatnya. Radio Swara Akademia sebagai supporting  karena bisa meningkatkan layanan pendidikan, dapat menjadi sarana pemberdayaan dan pengembangan kompetensi, serta skill siswa dan siswi di sekolah, yang bisa dipotimalkan dengan banyak cara di kegiatan di luar sekolah misalnya terlibat di aktivitas Radio Swara Akademia, bisa dalam bentuk pelatihan menulis hingga public speaking. Radio dapat menjadi sarana peningkatan kemampuan linguistik siswa dan siswi yang apabila direalisasikan dapat memberikan diferensiasi atau pembeda sekolah dengan radio komunitas dengan sekolah yang lain, dimana siswa dan siswinya bukan hnya sekadar matang secara akademis tapi bisa mengembangkan kemampuan di luar sekolah.” jelas Andi Muhammad Abdi, Komisioner sekaligus Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Kaltim.

Menanggapi masukan dan saran tersebut, pihak Radio Swara Akademi diwakili oleh Endah berterimakasih atas respon positif KPID Kaltim dalam berjalannya kegiatan evaluasi pra perpanjangan LPK tersebut.

“Terimakasih untuk KPID Kaltim atas masukan, saran, dan arahannya. Poin-poin penting yang diberikan oleh komisioner lewat diskusi interaktif hari ini akan kami jadikan motivasi untuk Radio agar dapat terus eksis, efektif, inovatif, dan makin maju di era teknologi imformasi saat ini.” ujar Endah.

Salah satu tantangan yang dihadapi LP dalam berkembang ialah Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan memenuhi kebutuhan media untuk berkreasi dan berinovasi seiring perkembangan zaman. Disinilah komitmen LP dibutuhkan sebagai kekuatan untuk bertahan dan menyajikan informasi, edukasi, hingga pemenuhan hiburan bagi para pendengarnya.

(sw/hms-kpid)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 9 =