Semakin Kreatif, KPID Kaltim Evaluasi Dengar Pendapat Bersama Radio Onix FM

SAMARINDA – Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) Jasa Penyiaran Radio PT. Keony Gitta Maximus (Radio Onix FM) telah melewati salah satu tahapan dalam proses permohonan perpanjangan Izin Penyelenggaran Penyiaran (IPP), yaitu Evaluasi Dengar Pendapat (EDP). EDP yang dilaksanakan KPID Kaltim bersama pemohon LP Radio yang bersiar di kota Balikpapan tersebut dihadiri oleh Diskominfo Provinsi Kaltim, Humas Setdaprov Kaltim,  dan Balai Monitoring kota Samarinda sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Kegiatan EDP dilaksanakan pada Rabu (17/12) bertempat di Ruang Rapat Tepian 1, Kantor Gubernur Kaltim, kota Samarinda. Para komisioner KPID Kaltim yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Akbar Ciptanto, Irwansyah, Hendro Prasetyo, Ali Yamin Ishak, Yovanda Noni, dan Bawon Kuatno yang sekaligus bertindak sebagai pimpinan sidang. Rangkaian acara dimulai dengan presentasi profil Radio Onix FM, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi dengar pendapat bersama narasumber yang hadir. Adapun narasumber yang hadir ialah mewakili dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Agung MS dan Untung Maryono, Humas Setda Provinsi Kaltim Vidi Gatot, dan dari Balai Monitoring kota Samarinda yang diwakili oleh Roy Mallombasi.

Digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni pencegahan penularan virus COVID-19, para narasumber dengan aktif memberikan masukan saran diantaranya seputar aspek teknis dari Balai Monitoring, perkuat kemitraan dengan pemerintah, hingga tingkatkan penyaringan informasi dalam rangka mencegah adanya informasi hoax yang beredar di masyarakat.

Sebagai media informasi dan hiburan, radio Onix FM Balikpapan menarget kaum muda sebagai sasaran pendengar utamanya. Dengan tujuan agar dapat menjadi radio yang mengedukasi dan memberi inspirasi, radio ini berharap kedepannnya juga mampu menjadi media yang objektif dan semakin dekat dengan masyarakat.

“Alhamdulillah, kegiatan EDP ini juga termasuk proses yang telah kami nanti-nantikan dalam rangka mengajukan permohonan izin perpanjangan bersiarnya radio kami. Untuk 5 tahun kedepan harapannya Radio Onix FM dapat menjadi media yang objektif, dan dekat dengan para pendengar. Untuk mewujudkan hal tersebut kami berkomitmen untuk meningkatkan kinerja tak hanya dalam mengemas siaran namun juga skill Sumber Daya Manusia (SDM)  radio Onix FM” tutur Krishna, Presiden Direktur PT. Keony Gitta Maximus.

Apresiasi diberikan oleh para Komisioner KPID Kaltim kepada radio Onix FM yang telah eksis dan menjadi wadah informasi dan aspirasi warga Balikpapan selama ini. Catatan penting yang disampaikan secara garis besar ialah terkait format siaran radio, keberimbangan konten isi siaran, dan imbauan untuk memaksimalkan iklan niaga di radio tersebut.

“Kami apresiasi untuk radio Onix FM yang telah sampai pada tahap EDP pada hari ini. Program siaran yang ada di radio Onix sangat kreatif dan harapannya untuk kedepan dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Tak hanya itu saja, kami (KPID Kaltim, red) juga mengimbau agar siaran di radio Onix disaring dengan sebaik-baiknya dan penyajiannya harus berimbang. Serta iklan niaga dapat dimaksimalkan sesuai regulasi yang mengatur.” tegas Bawon Kuatno, Komisioner KPID Kaltim bidang Pengawasan Isi Siaran.

(hms/kpid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1