EDP sukses digelar, Radio KPFM Samarinda berkomitmen tingkatkan kualitas siaran.

SAMARINDA – Selasa (15/12) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Timur bersama pemohon Lembaga Penyiaran Swasta Jasa Penyiaran Radio yaitu PT Radio Swara Kreasi Samarinda FM atau dikenal pula dengan nama udara yaitu KPFM Samarinda, telah melaksanakan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) .

Kegiatan ini dilaksanakan terkait adanya pengajuan perpanjangan izin bersiaran oleh radio KPFM Samarinda untuk 5 tahun mendatang. EDP sebagai salah satu dari rangkaian tahapan permohonan perpanjangan Izin Penyelenggaraan Siaran (IPP) kali ini berjalan dengan lancar dan interaktif, serta dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Komisioner KPID Kaltim yang hadir pada kegiatan tersebut antara lain Akbar Ciptanto, Bawon Kuatno, Irwansyah, Hendro Prasetyo, Yovanda Noni, dan Ali Yamin Ishak yang sekaligus bertindak sebagai pimpinan sidang pada kegiatan EDP yang diselenggarakan di Hotel Harris Samarinda tersebut. Adapun narasumber yang turut hadir memberikan saran dan masukannya diantaranya yaitu dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda yang diwakili oleh Henri Fauli, dan dari Balai Monitoring Samarinda, Hadi Santoso. Narasumber lainnya yang turut membersamai yaitu Darmansyah selaku Ketua RT 10 , kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang bersama warga setempat.

Setelah selesai memaparkan presentasi kepada para komisioner, narasumber, dan audiens yang hadir, jajaran direksi KPFM berdialog dengan interaktif. Berbagai masukan dan saran yang diberikan pun diterima dengan sangat baik oleh radio yang baru saja merayakan hari jadi ke 13 tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kegiatan EDP berjalan lancar, kami sangat menerima masukan yang disampaikan para komisioner dan narasumber lainnya. Banyak sekali masukan yang berfokus pada mutu siaran dan juga terkait pengawasan kontrol siaran. Kedepan Radio KPFM berharap, semoga kami dapat menjadi radio utama di Samarinda bahkan di Kaltim. Kami pun sangat berkomitmen untuk mengangkat konten lokal menjadi informasi yang menarik bagi pendengar.” Tutur Henny, Direktur PT Radio Swara Kreasi Samarinda.

Komitmen dan tekad KPFM Samarinda untuk mempertahankan pencapaian dan meningkatkan radionya menjadi lebih baik lagi juga tergambar pada rencana kerja, yang berfokus pada kegiatan-kegiatan bisnis dalam mencapai tujuan yang diharapkan pihak radio yang berlokasi di Jl Untung Suropati, Samarinda ini. Upaya-upaya dalam hal meningkatkan kinerja dan mutu siaran digagas sedemikian rupa untuk menunjang perkembangan perekonomian dan bisnis dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Dalam evaluasinya kepada setiap LP, KPID Kaltim menggunakan parameter meliputi kepatuhan atas UU, P3SPS, dan Komitmem LP yang dibuat jelang perpanjangan IPP. Sistem penilaian didasarkan pada hasil pemantauan, hingga dokumen-dokumen yang baik disiapkan maupun diserahkan  kepada KPID Kaltim. Adapun hasil dari penyelenggaraan EDP berupa masukan dan saran diharapkan dapat menjadi catatan untuk LP sebagai hal yang bersifat membangun media ke arah yang lebih baik.

“adanya beberapa masukan dan saran yang diberikan agar segera ditindaklanjuti. Semoga kedepannya Radio KPFM Samarinda dapat menjadi icon radio kota Samarinda yang tak hanya informatif dan edukatif namun dekat dengan masyarakat juga. Terakhir, dimohon tidak hanya kepada radio KPFM saja namun seluruh LP diimbau untuk waspada terkait konten baik dialog maupun lagu-lagu yang diputar agar disaring lagi dan diawasi kembali agar tidak menyiarkan lagu yang bisa saja berpotensi melanggar P3SPS” jelas Ali Yamin Ishak, Komisioner sekaligus Koordinator Bidang PS2P KPID Kaltim.

Tidak hanya meningkatkan kinerja SDM dan konten siaran yang variatif, KPID Kaltim pun menekankan kepada LP untuk menggali kearifan lokal lebih dalam lagi dan menyiarkannya dengan baik kepada pendengar dalam hal ini adalah masyarakat. Sebagai media sekaligus perpanjangan informasi dan wadah aspirasi dari banyak pihak, mulai dari pemerintah kepada masyarakat begitupula sebaliknya, Radio KPFM diharapkan mampu menjaga eksistensinya dan kualitas isi siaran yang mengudara di bumi etam.

(hms/kpid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 79 = 83