Sanksi Administratif Teguran Tertulis Program Siaran Radio

Samarinda – 5 Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) Jasa Penyiaran Radio yakni Radio Suara Mahakam, Radio Kutai, Radio Borneo, Radio Paras, dan Radio Kumala diputuskan memperoleh surat teguran tertulis dan dinyatakan telah mengabaikan aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan melanggar Standar Program Siar (P3SPS) KPI tahun 2012, oleh KPID Provinsi Kalimantan Timur. 

Adapun dari program siaran beserta media yang mendapatkan teguran tersebut yakni program siaran “Galeri Pagi”  oleh Radio Suara Mahakam yang menyiarkan iklan “Mie Sedap Coto”, “Ekonomi Power Liquid”, dan “Minuman Ale-Ale” yang mengndung kata-kata Superlatif yakni imbuhan Ter, The Best, dan No.1 bahwa berdasarkan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang Standar Program Siaran Pasal 58 ayat 4(f) , “Program siaran iklan dilarang menayangkan: upaya menyembunyikan, menyesatkan, membingungkan, atau membohongi masyarakat tentang kualitas, kinerja, harga sebenarnya, dan atau ketersediaan dari produk dan/atau jasa yang diiklankan.

Sanksi untuk ke-4 LP Radio lainnya yaitu diikarenakan sama-sama melanggar Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang Standar Program Siaran Pasal 20 Ayat (1) . “Program siaran dilarang berisi lagu dan video klip yang menampilkan judul dan/atau lirik bermuatan seks, cabul, dan/atau mengesankan aktifitas seks”.

Adapun media-media tersebut ialah Radio Kutai yang menyiarkan lagu “Pelan pelan Ah ih” oleh Duo Ratu, Radio Borneo yang menyiarkan lagu “Mari Bercinta” oleh Aura Kasih, Radio Paras yang menyiarkan lagu “Cashmere” dan “Throw Sum Mo”, dan Radio Kumala yang menyiarkan lagu berjudul “Ngidam Jemblem”.

KPID Kaltim berharap agar semua Lembaga Penyiaran baik Publik, Swasta, Komunitas maupun Berlangganan, untuk mematuhi Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) 2012 dan terus memperbaiki isi acara sesuai dengan semangat menjaga kualitas dan sehatnya penyiaran di Bumi Etam.

 

(hms/kpid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

75 − = 67