KPID Dorong Lembaga Penyiaran Radio Berinovasi di Era Digital

 

Hari Radio Nasional ke-75 yang diperingati setiap 11 September, merupakan momentum bagi lembaga penyiaran radio untuk berbenah diri. Terlebih, memasuki era digitalisasi 4.0, radio harus bisa melakukan improvisasi agar bisa bertahan. Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kaltim, Bawon Kuatno berbagi advise agar industri radio bisa bertahan di era keterbukaan informasi saat ini.

“Kalau hanya mengandalkan siaran radio saja tentu sangat sulit untuk bertahan. Setidaknya mereka (lembaga penyiaran) bisa melakukan improvisasi dengan masuk ke sosial media,” kata Bawon kepada KPFM via telepon, Jumat (11/9/2020).

Bawon –sapaan akrabnya– menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah mendorong lembaga penyiaran di Kaltim, khususnya Samarinda untuk merambah sosial media. Utamanya menyiarkan program secara streaming.

“Memang saat ini radio masih diminati masyarakat. Tapi mereka harus berinovasi dengan menyediakan streaming dan sebagainya agar mereka lebih mudah mengakses siaran radio,” terangnya.

Jika berbicara mengenai program, lanjut Bawon, sebaiknya lembaga penyiaran dapat menyentuh segmen anak muda dan berbicara mengenai informasi maupun pendidikan. Terkait program, lembaga penyiaran dapat menyuguhkan hiburan yang cerdas.

“Masyarakat sekarang cenderung terbuka, melek informasi dan memiliki literasi yang cukup bagus. Jadi lembaga penyiaran harus memberikan program yang mendidik,” paparnya.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Wakil Ketua KPID Provinsi Kaltim, Bawon Kuatno berharap agar lembaga penyiaran memberikan edukasi mengenai pentingnya penerapan pola hidup sehat di waktu yang produktif. Selain itu, pihaknya mengingatkan agar radio konvensional bisa mematuhi Pedoman Pelaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

“Jadi kami harap lembaga penyiaran bisa mematuhi P3SPS dan sajikanlah informasi selektif serta produktif yang didengar oleh warga Kota Samarinda,” pungkasnya.

*telah disiarkan dan terbit di media KPFM Samarinda dengan tautan berikut: https://968kpfm.co.id/berita/benua-etam/kpid-dorong-lembaga-penyiaran-radio-berinovasi-di-era-digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39 − 34 =