Re-Branding Radio hingga spesifikasi isi siaran – KPID Kaltim gelar EDP dengan PT Radio Phalma

SAMARINDA – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Timur menggelar Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) terhadap Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) Jasa Penyiaran Radio PT. Radio Phalma (Idola FM) Jum’at (21/02) di ruang Tengguyun Lt. 4 kantor Gubernur Kaltim.

Pelaksanaan EDP merupakan salah satu tahapan yang wajib dilalui LP dalam mengurus perizinan, baik dalam mengurus izin baru ataupun perpanjangan izin siaran, setelah habis masa berlaku Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) selama 5 (lima) tahun untuk radio, 10 tahun untuk televisi.

Secara umum EDP Radio Phalma atau yang dikenal pula dengan nama udara Idola FM, bertujuan untuk memberi masukan sekaligus evaluasi aspek program siaran, aspek teknis, kelengkapan data, serta aspek lainnya yang dinilai strategis untuk eksitensi LP Radio berjaringan ini. Terutama mendengar masukan yang berasal dari publik Balikpapan mengenai harapan, minat dan kebutuhan mereka.

Ketua KPID Kaltim, Akbar Ciptanto memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan EDP ini secara resmi. Apresiasi dan saran masukan pun diberikan untuk radio Idola FM guna tercapainya tujuan dan keinginan radio tersebut untuk menjadi radio yang memiliki kualitas isi siaran yang baik dan sehat bagi masyarakat.

“PT Radio Phalma yang tengah berupaya untuk re-branding atau re-image menjadi Radio Idola FM harus terbuka dan menerima saran masukan dari berbagai pihak. Seperti halnya pada kegiatan EDP hari ini. Kami (KPID Kaltim, red) menghadirkan beberapa narasumber untuk berpendapat hal ini juga sebagai pendampingan kami untuk LP yang ada di Kaltim” jelas Akbar.

Selain Ketua, jajaran Komisoner KPID Kaltim turut hadir dalam memberi masukan antara lain Bawon Kuatno, Andi Muhammad Abdi, Hendro Prasetyo, Ali Yamin Ishak, Yovanda Noni dan Irwansyah yang sekaligus bertindak sebagai Pimpinan Sidang penyelenggaraan EDP.

Hadir sebagai narasumber, Humas Provinsi Kaltim yang diwakili oleh Achmad A Santoso, Balmon Samarinda diwakili Hairy Rosadi
serta turut serta memberi masukan dari Keluarga Pelajar Mahasiswa Balikpapan (KPMB) Samarinda yang diwakili oleh Gabriel.

Radio Idola FM menanggapi berbagai sudut pandang, kritik dan saran dengan antusias dan berharap dapat mewujudkan Radio Idola FM menjadi media informatif yang berkualitas bagi masyarakat.

” Kami berharap dapat selalu bekerjasama dengan semua pihak untuk tercapainya tujuan radio kami. Adanya keinginan perubahan serta perbaikan di media kami juga sehubungan dengan upaya kami mengikuti perkembangan zaman yang kian maju waktu demi waktu. ” Ungkap Direktur PT Radio Phalma, Andi Odang.

Dalam evaluasi LP, KPID Kaltim menggunakan parameter meliputi kepatuhan atas UU, P3SPS dan Komitmen LP yang dibuat jelang perpanjangan IPP.

Sistem penilaian KPID Kaltim dalam evaluasi ini didasarkan pada hasil pemantauan, hingga dokumen-dokumen yang baik disiapkan maupun diserahkan kepada KPID Kaltim.
(hms/kpid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

23 + = 32