Selangkah Lagi Radio Sangkakala Berau Kantongi IPP Tetap

Komisioner KPID Kaltim bersama dengan Komisaris dan Direktur LP Sangkakala Berau

SAMARINDA – Sekali merengkuh dayung dua, tiga pulau terlampaui, begitu kira-kira gambaran pada saat lawatan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Prov. Kaltim di Berau. Seusai melasanakan Sosmonev pada (21/10) lalu. Komisioner KPID Prov. Kaltim dengan formasi lengkap, tujuh komisioner dan staf tenaga alih daya langsung melanjutkan tugas Evaluasi Uji Coba Siaran (EUCS) Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) PT. Radio Sangkakala Berau (22/10).

Acara berlangsung di LP Radio Sangkakala Berau dengan dihadiri komisaris, direktur, dan staf LP. EUCS merupakan tahapan untuk mendapatkan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) Tetap. Karena enam bulan yang lalu Radio Sangkakala Berau telah mendapatkan IPP Prinsip. Melalui proses EUCS maka Komisioner KPID Prov. Kaltim melihat kesiapan dari LP. Sejauh pengamatan hasil dari EUCS Komisioner KPID Kaltim mengatakan Radio Sangkakala telah melengkapi aspek siaran.

“Dari forum EUCS ini kita melihat secara langsung atau verifikasi faktual terkait kelengkapan administrasi, pengecekan data, melihat infrastruktur radio. Dari hasil pantauan secara kelembagaan cukup lengkap, dan aspek program siaran telah terpenuhi. Sesuai dengan berkas pengajuan diawal,” ungkap Bawon Kuatno selaku Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran (PS2P).

Hendro Prasetyo Ketua KPID Kaltim

Hendro selaku Ketua KPID Kaltim menambahkan, bahwa kehadiran Radio Sangkakala Berau merupakan suatu aset fasilitas hiburan dan juga informasi bernilai edukasi untuk masyarakat Berau. Menurutnya proses hasil dari EUCS akan cepat karena saat ini telah menggunakan sistem online, sehingga mudah untuk diakses.

” Ini merupakan satu tambahan fasilitas, dengan adanya Radio Sangkakala akan menambah sarana informasi bagi masyarakat Berau. Jika ada hal yang merugikan dari aspek siaran, masyarakat dapat melaporkan atau mengadukan program siaran yang telah merugikan ke KPID Kaltim. Terkait hasil EUCS kalau evaluasinya berjalan dengan baik dan berhasil. Maka secepatnya akan mendapatkan IPP Tetap, karena semua telah dilakukan secara online. Dari hasil pantauan semuanya akan lancar,” terang Hendro Prasetyo selaku Ketua

Anton selaku Direktur LP Radio Sangkakala mengatakan sangat terbantu sekali selama ini karena adanya Komisioner KPID Prov. Kaltim. Menurutnya dari semenjak awal ingin mendirikan radio sampai akhirnya pada tahapan EUCS Komisioner KPID Prov. Kaltim banyak membantu dan memberikan masukan positif.

“Luar biasa KPID Prov. Kaltim datang dengan tim yang lengkap. Semuanya untuk evaluasi yang baik. Sehingga radio ini nantinya bisa dinikmati masyarakat Berau dan bermakna. Komisioner KPID Prov. Kaltim telah banyak membantu dengan baik pula. Harapan dengan adanya Radio Sangkakala nantinya kami akan lebih mengedukasi masyarakat melalui informasi yang akurat, dan membawa kepada masyarakat Berau yang berjiwa pancasilais,” kata Anton.

Samuel memperlihatkan kelengkapan data administrasi penyiaran

Samuel Kusuma selaku Komisaris Radio Sangkakala menambahkan bahwa selama ini pihaknya banyak terbantu dengan dukungan Komisioner KPID Prov. Kaltim.

“Terima kasih kepada seluruh komisioner karena telah membimbing kita semua. Sehingga Sangkakala telah terbantu dengan adanya regulasi baru yang sebelumnya masih menggunakan yang lama,” tutupnya.

Menurut keterangan dari Komisioner KPID Prov. Kaltim selepas acara EUCS ada dua LP yang sedang menyusul dalam proses perizinan online yakni Radio Masjid Agung Al-Hikmah dan Radio Berkah Pancar sanggam. (Humas KPID Prov. Kaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 1 =