KPID KALTIM GELAR EVALUASI DENGAR PENDAPAT RADIO GEMA NIRWANA

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim melaksanakan kegiatan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) Perpanjangan Ijin Penyelenggaran Penyiaran (IPP)  Radio Gema Nirwana hari ini, Kamis (18/4/2019) bertempat di ruang Rapat Tuah Himbah gedung A Lt. 6 Kantor Gubernur Kaltim.

Kegiatan EDP ini juga turut dihadiri oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Samarinda (Balmon Samarinda)diwakili oleh Adi Susanto, Sumartono dan Andre yang kemudian secara resmi di buka oleh ketua KPID Kaltim Hendro Prasetyo pukul 13.30 Wita siang tadi. Hadir pula Komisioner KPID Kaltim Akbar Ciptanto, Bawon Kuatno,  Yovanda Noni dan Andi Muh. Abdi. 

Radio Gema Nirwana yang diwakili oleh HM Balvas Syam beserta manajemen memaparkan situasi yang tengah mereka hadapi dimana Radio Gema Nirwana sudah tidak berada di puncak kejayaan seperti di tahun 1980-an. “Kondisi radio saat ini ada karena mempertahankan sejarah meskipun zaman keemasan sudah lewat dan kami sendiri bisa dibilang dalam fase megap-megap, tapi karena semangat mempertahankan sejarah maka kami akan bertahan”. Kata Balvas menjelaskan.

KPID Kaltim mengapresiasi kehadiran Radio Gema Nirwana pada kegiatan EDP ini meskipun dalam kondisi yang terancam namun operasional radio tetap berjalan. Namun KPID Kaltim memberi masukan agar lebih memperhatikan kompisisi atau format siaran. Dari proposal permohonan IPP

yang diajukan konten hiburan lebih banyak dibandingkan informasi yang hanya 10% dari siaran yang di mulai pukul 06.00-23.00 Wita ini.

“Memang sudah bukan kejayaan radio saat ini namun dengan melakukan inovasi dapat bertahan seperti Gema Nirwana. Namun siarannya terlalu umum tidak ada sasaran khusus,  misalnya radio khusus dangdut, radio anak muda dan lainnya. Kalau dulu radio etnis jika masih bertahan itu jauh lebih bagus, akan jadi tanggung jawab dan  konsistensi radio menjalankan program dengan begitu diharapkan dapat jadi pertimbangan  bagi Kominfo untuk diajukan IPP 5 tahun kedepan” terang Hendro Prasetyo.

Dalam kesempatan ini, Gema Nirwana juga menerima saran dari Balmon agar lebih memperhatikan parameternya dengan melakukan pemeliharaan yang baik terhadap pemancar.

Andi Muh. Abdi Koordinator Kelembagaan KPID Kaltim pun sampaikan apresiasinya kepada Gema Nirwana “meskipun dengan usia yg tidak muda lagi tapi semangatnya masih ada untuk mengurus radio. Kalau bicara domain KPID kita konsen pada wilayah program siaran.  Kalau format siaran terlalu umum kurang konsisten saya kira bisa ditinjau ulang” ujarnya menutup kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 88 = 92