KPID KALTIM VERIFIKASI FAKTUAL RADIO Di BONTANG

Kunjungan Komisioner KPID Prov. Kaltim, dalam rangkan verifikasi faktual LPS Radio Gema Ihyasunnah, Bontang (20/03/2019)

 

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Timur melaksanakan kunjungan ke Kota Bontang untuk kegiatan Verifikasi Faktual Radio Gema Ihyaussunnah Bontang (GIB) & Radio Suara Baiturrahman. Untuk memaksimalkan kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (20/3/2019) ini, hadir Akbar Ciptanto Wakil Ketua, Ali Yamin Ishak dan Yovanda Noni Anggota Bidang Pengelolaan Struktur Sistem Penyiaran, Bawon Kuatno Koordinator & Bidang Pengelolaan Struktur Sistem Penyiaran, Irwansyah Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran. Pihak yang hadir dari Radio Suara Baiturrahman dihadiri oleh pimpinan dan seluruh staf. Sementara dari pihak Radio GIB dihadiri oleh Oky Direktur Utama, serta Dadang dan Hakim dari Yayasan.

Komisioner KPID Kaltim melakukan verifikasi faktual Radio Suara Baiturrahman

Dalam pertemuan ini Ali Yamin Ishak memberikan gambaran proses Verifikasi Faktual hingga dapat diterbitkannya IPP tetap setelah Rapat Pleno nantinya bersama KPI Pusat dan Kominfo di Jakarta.
“Pada prinsipnya, verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPID Kaltim pada Radio GIB & Suara Baiturrahman di bontang berdasarkan surat dari Kominfo RI. Verifikasi ini terkait dengan berkas administrasi, program isi siaran, dan juga segala sumber daya penyiarannya seperti studio, sumber daya manusia, pemancar dan lain-lain. Hasil verfak ini kemudian akan di plenokan bersama seluruh komisioner KPID Kaltim yang hasilnya dibawa ke rapat pleno bersama Kominfo dan KPI Pusat. Disinilah kemudian akan diputuskan layak atau tidaknya untuk diterbitkan IPP tetap.”

KPID Kaltim pun mengapresiasi Radio GIB dan Suara Baiturrahman karena telah berupaya melengkapi surat perijinannya. Sebelum IPP tetap terbit Radio GIB hanya dianjurkan menyiarkan Iklan Layanan Masyarakat dan belum diperbolehkan menerima iklan komersil. Radio GIB sendiri merupakan Radio yang menyiarkan konten Islami seperti dakwah namun tetap menyiarkan informasi berupa news yang dikutip dari internet maupun koran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 − 55 =