Pemilihan Komisioner KPID Kaltim Memasuki Babak Akhir

 

Peserta fet and proper test KPID Prov. Kaltim mendengarkan arahan dari panitia seleksi (Dok. Paul)

Samarinda –  Persaingan ketat memasuki babak akhir tahapan tes seleksi Komisioner KPID Prov. Kaltim. Nampak peserta telah hadir untuk mengikuti tes akhir fet and proper test semenjak pukul 08.00 Wita, sesuai yang dijadwalkan oleh panitia seleksi. Bertempat di Hotel Bumi Seniyur (28/11) peserta yang berjumlah 17 orang akan mengikuti 3 tahapan seleksi fet and proper test. Tes ini berbentuk wawancara yang akan menghadapi Anggota Komisi I DPRD Prov. Kaltim  berjumlah 11 orang aktif. Namun menurut keterangan yang akan hadir pada kesempatan hari ini sebanyak 7 orang Anggota DPRD, 4 yang lainnya berhalangan.

Adapun sejumlah peserta yang akan mengikuti tahapan akhir ini 3 berasal dari incumbent yakni Akbar Ciptanto, Andi Muhammad Abdi, dan H.S Ade Udiani. Berikutnya peserta lainya adalah Akhmadianor, Ali Yamin Ishak, Atmadji, Bawon Kuanto, Hajatturamsyah, Hendro Prasetyo, Irwansyah, Kasno, Muhammad Andri Aramiko, Mukhasan Ajib, Syahrin, Yusvandi Priyonngo, Yovanda Noni, dan Zainal Abidin. Dari 17 orang yang mengikuti fet and proper test akan dipilih 7 orang yang akan menjadi Komisioner KPID Prov.

Ketua Komisi I DPRD Prov. Kaltim, Zain Taufik Nurrohman

Dikonfirmasi sebelum tes dimulai Ketua Komisi I DPRD Prov. Kaltim, Zain Taufik Nurrohman menyampaikan prihal nama-nama dan tahapan tes seleksi KPID Kaltim, “Ini merupakan babak akhir dari seluruh tahapan tes komisioner yang ada, dari awal tahapan pembentukan Pansel sampai saat ini. Tahapan fet and proper test ini ada tiga, pertama menguji pemahaman regulasi penyiaran, kedua tentang pengetahuan penyiaran, dan terakhir tentang sikap. Harapan dari fet and proper test ini adalah mampu menghasilkan Komisioner KPID Kaltim yang akan mengawal penyiaran di Kaltim lebih baik,” terangnya.

Tantangan kedepan KPID adalah prihal penguatan dalam kelembagaan, mengingat jumlah laporan masyarakat tentang program tayangan telivisi dan siaran radio semakin meningkat. KPID harus menjadi corong informasi yang mengedukasi masyarakat untuk menonton tayangan yang berkualitas. Dari tujuh orang yang akan terpilih dalam fet and proper test, diharapkan mampu menjalankan amanah kelembagaan dengan baik.

Andi Muhammad Abdi, Wakil Ketua KPID Prov Kaltim (Dok. Paul)

“Peserta yang lolos tentunya telah melalui fase Timsel, tentunya yang terpilih hari ini orang-orang yang cakap dan kompeten. Tantangan KPID kedepan memastikan kelembagaan berada pada posisi yang kuat. Apalagi saat ini revisi UU Penyiaran belum disahkan, sehingga posisi kelembagaan KPID belum ada kepastian, hal ini berpotensi pada penganggaran KPID,” jelas Andi Muhammad Abdi selaku Wakil Ketua KPID kaltim, yang juga sebagai peserta incumbent.

Komisi I DPRD Prov. Kaltim memastikan bahwa pemilihan ini akan transparan dan objektif. Selanjutnya mereka akan melakukan sidang pleno untuk memutuskan 7 orang yang akan menjadi komisioner secepatnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

55 − = 50